Jumat, 03 Oktober 2014

Ciri-ciri Organisasi dan Unsurnya



Ciri–ciri organisasi
Ciri-ciri suatu organisasi adalah sebagai berikut :
1.      Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
2.      Dikembangkan untuk mencapai tujuan.
3.      Secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja di susun.
4.      Instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
Organisasi formal mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Mempunyai struktur organisasi yang jelas.
b.      Batas-batas wewenang dari setiap pejabat sudah jelas.
c.       Saluran hubungan kerja berlangsung menurut saluran seperti yang tercantum dalam bagan.
d.      Adanya uraian tugas yang jelas dari setiap anggota organisasi.
e.       Jenjang kepangkatan sudah diatur dengan jelas.
f.       Tujuan organisasi dinyatakan dengan tegas.
g.      Keanggotaan organisasi diperoleh dengan sadar dan pada umumnya berifat terbuka.
h.      Organisasi formal tidak mudah bubar, sehingga tahan lama.



Unsur-unsur Organisasi
Dari beberapa organisasi dapat ditarik kesimpulan unsur-unsur dari organisasi terdiri dari :
1.      Adanya dau orang atau lebih.
2.      Adanya maksud untuk bbekerjasama.
3.      Adanya pengaturan hubungan.
4.      Adanya tujuan yang hendak di capai.

Dari keempat unsur diatas dapat terlihat bahwa organisasi di pandang dari beberapa segi di antaranya :
1.      Organisasi merupakan wadah kerjasama yang saling terikat dalam hubungan formal maupun tidak normal.
2.      Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dari orang-orang yang bekerjasama,.
3.      Organisasi menunjukan proses kerjasama secara formal, bila terdapat struktur yang dilegalisasikan secara formal dari orang-orang yang bekerjasama.
4.      Organisasi sebagai organisasi informal hanya bila menunjukan orang-orang yang bekerjasama.
5.      Organisasi bersifat dinamis bila memusatkan perhatian pada interaksi dari orang-orang yang bekerja sama yang sering disebut sebagai administrasi dalam keadaan dinamis, karena menyangkut perilaku dari kerja sama orang-orang tersebut.
6.      Organisasi bersifat statis bila hanya menunjukan wadah dari kerja sama orang-orang tersebut yang disebut sebagai administrasi dalam keadaan statis.

Unsur-unsur pendukung Organisasi :
1.      Manusia (Man)
2.      Kerjasama
3.      Tujuan Bersama
4.      Peralatan (Equipment)
5.      Lingkungan
6.      Kekayaan alam kerangka
7.      Kontruksi mental
8.      Teori organisasi

Pengertian teori organisasi
Teori organisasi secara umum bisa diartikan sebagai suatu pikiran yang merupakan sekelompok orang yang membagi tugas secara terstruktur untuk mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama.
            Teori organisasi adalah teori yang berusaha menerangkan/meramalkan bagaimana organisasi dan orang orang didalamnya berperilaku dalam berbagai struktur organisasi , budaya dan lingkungan untuk mencapai tujuan.

Sumber :
Akhmad Subkhi, M.M. dan Mohammad Jauhar, S.Pd. Pengantar Teori & Perilaku Organisasi. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.
Drs.Ig.Wursanto. Dasar-dasar Ilmu Organisasi.Yogyakarta. Andi Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar